The Do's and Don'ts in Making Saus Bechamel Sempurna

[ad_1]

Saus krim, saus Mornay, saus keju cheddar, saus Nantua, saus mustard – apa kesamaannya?

Jawabannya adalah ini – saus bechamel. Saus Bechamel, juga dikenal sebagai saus putih, adalah salah satu dari lima saus ibu Prancis yang berfungsi sebagai dasar untuk saus sekunder yang disebutkan di atas. Jika Anda tahu cara membuat saus ini dengan benar, Anda sudah setengah jalan untuk belajar memasak saus susu atau krim.

Bahan dasar saus bechamel adalah mentega, tepung, susu dan garam. Bahan-bahan tambahan mungkin termasuk lada, pala yang baru digiling, daun salam, Bawang dan Cengkeh. Mentega dan tepung biasanya memiliki bagian yang sama, tetapi beberapa resep berbeda ketika menyangkut perbandingan mentega dengan tepung. Saus disiapkan dengan terlebih dahulu membuat apa yang orang Prancis sebut roux, campuran mentega dan tepung.

Mulailah dengan mentega cair lembut dalam panci (sebaiknya non-stick) di atas api sedang. Jangan biarkan mentega mendesis; segera setelah dilelehkan, angkat panci dari atas kompor. Selanjutnya, saring tepung ke dalam mentega dan aduk campuran di atas api lembut dengan sendok kayu untuk membiarkan tepung terigu. Ini harus dilakukan setelah beberapa menit, tetapi perhatikan bahwa tidak memasaknya cukup lama dapat membuat rasa saus menjadi kenyal. Pada tahap ini, campuran Anda sekarang adalah roux, dan Anda siap untuk menambahkan susu.

Secara bertahap aduk susu, pastikan sudah dihangatkan. Jangan tambahkan susu dingin karena bisa membuat saus Anda kental. Kocok susu dan roux, awasi ketebalan saus. Sedikit bawang, cengkeh, dan daun salam dapat ditambahkan ke dalam campuran untuk menambah rasa, tetapi kemudian dibuang atau disaring dari saus setelah dimasak. Bumbui dengan garam, merica, dan pala yang baru digiling untuk dicicipi.

Jangan gunakan lada hitam jika Anda ingin saus putih murni karena akan menghasilkan bintik hitam di dalam campuran. Untuk menjaga saus Anda tetap putih, gunakan lada putih sebagai gantinya. Pastikan untuk mengaduk saus seluruhnya untuk mencegahnya menempel ke panci. Hapus panci dari panas sekali ketebalan yang diinginkan tercapai, dan selesai!

Saus ini sangat serbaguna. Anda tidak hanya dapat menambahkan bawang putih, cabai, atau bumbu yang berbeda untuk menciptakan rasa yang unik, Anda juga dapat menambahkan keju parmesan dan keju cheddar untuk menciptakan saus keju yang akan disukai semua orang. Ini bisa diselimuti pasta, ayam atau sayuran.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *